GALUH AYU KUSUMA WARDHANI

Berpacu menjadi yang terbaik

Pertemuan II - Safe Mode

28 May 2012 - dalam Umum Oleh galuhayu-fst10

Pada pertemuan kali ini dijelaskan bahwa sebuah server sering disebut induk dari sebuah komputer. Contohnya pada sebuah kantor, kantor akan  menentukan salah satu komputer sebagai server dan yang lainnya sebagai operator. Kegunaan server adalah sebagai pengendali dari seluruh operator yang tersambung di antara komputer yang dihubungkan.

Kemudian dijelaskan pula tentang safe mode. Safe mode merupakan fasilitas dari Windows untuk menjalankan windows dengan fitur dan fungsi minimal. Beberapa fitur tidak diaktifkan pada kondisi safe mode, bahkan beberapa software pun juga tidak diaktifkan. Safe mode ini biasa digunakan ketika terjadi error atau permasalahan pada windows. Dengan masuk ke safe mode kita bisa melakukan perbaikan terhadap error yang terjadi, termasuk menghapus virus dan error yang lain.

 

Ketika komputer tidak bisa booting dalam kondisi normal, maka bisa dilakukan dengan booting pada safe mode. Jika bisa masuk ke safe mode berarti terdapat kerusakan pada system windows, namun jika tidak bisa masuk ke safe mode berarti terdapat kerusakan atau error pada hardware komputer tersebut.

 

Cara masuk ke safe mode adalah ketika windows sedang booting atau baru saja dinyalakan, tekan tombol F8 pada keyboard, kemudian pada daftar booting yang ada pilih safe mode dengan menggerakkan tombol navigation ke atas kemudian tekan enter.

 

Dalam safe mode operating system akan berjalan secara minimalis dan semua aplikasi akan ditidurkan, sehingga dalam safe mode sangat efektif membasmi virus.

Berikut manfaat dari safe mode :

  1. Menghilangkan Virus dalam  Safe Mode
  2. Memperbaiki Komputer Rusak
  3. Kerusakan Software
  4. Kerusakan Hardware
  5.  

 

 

Referensi :

http://www.alltrickcomputer.net/2012/02/cara-masuk-ke-safe-mode-yang-disable.html

http://wss-id.org/blogs/ilham/archive/2007/05/31/manfaat-safe-mode-apa-ya.aspx



Read More | Respon : 7 komentar

7 Komentar

arieanti ulfa

pada : 18 June 2012


"mbak galuh ayu..mw tanya yaa ^^b
apakah ada komputer yg dikhususkan untuk server? kalo iya apa saja kelebihannya ketimbang komputer biasa yg dijadikan server?

makasih mbak ayuu ;)"


Arifudin Yahya

pada : 22 June 2012


""safe mode hanya ada di windows sajakah? atau adakah OS lain yang memiliki fasilitas yang sama seperti windows?" "


Reni Fatimatuz

pada : 24 June 2012


"Galuh, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan,
Dalam paragraph 2 disebutkan bahwa dengan menggunakan safe mode dapat dilakukan perbaikan terhadap error yang terjadi, termasuk menghilangkan virus dan error yang lain. tipe error yang seperti apa yang bisa diperbaiki dalam kondisi ini? virus dalam kategori apa yang bisa dihilangkan?
Dalam paragraph 4 terdapat penjelasan tentang cara masuk ke safe mode menggunakan tombol F8, apakah itu berlaku di semua merk laptop?
Selanjutnya, dalam manfaat safe mode pada poin 3 dan 4, itu maksudnya dapat memperbaiki kerusakan pada software dan hardware atau justru poin itu merupakan akibat negative dari penerapan safe mode?
Terima kasih.
"


re

pada : 24 June 2012


"apakah ada akibat negatif terhadap komputer apabila sudah beberapa kali menjalankan safe mode?"


galuh ayu

pada : 28 June 2012


"makasih arif udah mau bertanya di blog ku... :D

berdasarkan bacaan yg aku baca safe mode tidak hanya pada windows tapi pada MAC OS X juga dapat dilakukan safemode tapi berbeda caranya. silakan dibaca lebih lanjut di http://shadowb2p.blogspot.com/2011/04/safemode.html"


galuh ayu

pada : 28 June 2012


"yuhuuuuu makasih ya ren udah mau mampir di blog ku... :D

untuk jawaban dari pertanyaanmu ku jawab satu-satu ya...

untuk tipe error yang bisa diperbaiki dengan safemode setau aku error blu screen windows, ini aku baca disini http://jawarakampung.blogspot.com/2011/08/cara-atasi-error-blue-screen-windows.html

untuk tipe virusnya aku belum nemuin jenisnya, tapi safemode ini akan bisa memperbaiki dari virus selain menggunaka cara yang biasa.

dari beberapa artikel yang aku baca rata2 menggunakan tombol F8. mungkin nanti kalau ada karakteristik tertentu akan aku posting... :)

bukan, jadi dengan menggunakan safemode ini bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada software maupun hardware walaupun tidak secata keseluruhan...

kalau ada yang kurang jelas tanya aja lagi... :D"


galuh ayu

pada : 28 June 2012


"makasih ulfa udah mampir di blog ku... :D

server : Performa tinggi. Beroperasi 24-jam x 7-hari non-stop. Device & periferal khusus. Harga "relatif" lebih mahal

PC desktop : Umumnya diletakkan di atas meja (Desktop). Beroperasi rata-rata maks. 18-jam/hari. Device & periferal standar dan umum.

untuk lebih jelasnya silakan dibaca di sini http://usi.feb.unair.ac.id/jaringan-a-internet/191-pemahaman-server

selamat membaca :D"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :