GALUH AYU KUSUMA WARDHANI

Berpacu menjadi yang terbaik

Ide Aplikasi Android

18 June 2012 - dalam Umum Oleh galuhayu-fst10

Termometer berbasis Andorid

 

Alat kesehatan sederhana yang paling banyak dijumpai di rumah untuk pertolongan pertama adalah Termometer. Walaupun di rumah saya tidak tersedia alat ini, hahahahahaha...

 

 


 

Yups... Termometer biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh, apabila si kecil atau Adik di rumah merasa tubuhnya agak panas maka Ibu akan segera mengambil termometer lalu meletakkan si termometer ini pada ketiak Adik. Taraaaaa... muncullah angka pada display termometer sebagai nilai suhu tubuh yang diukur. Hal ini akan terjadi jika menggunakan termometer digital, namun jika menggunakan termometer air raksa maka untuk mendapatkan hasilnya kita perlu membaca pergerakan air raksa pada termometer tersebut.



Permasalahan yang sering muncul saat ini adalah banyak para Ibu yang bekerja di luar rumah, maka sering kali si Adik ini diasuh oleh pengasuh. Jika Adik sakit panas biasanya Ibu khawatir dan ingin selalu memantau kondisi Adiksetiap saat. Untuk itu dirancanglah “Termometer berbasis Android”.

 


Ide sederhana yang saya coba kemukakan ini adalah untuk menjawab kebutuhan penyampaian informasi kondisi pasien setiap saat kepada pihak-pihak yang terkait, terutama suhu tubuh. Termometer ini terdapat didalam aplikasi handphone Android, perangkat pendukungnya berupa “Katoda” seperti yang dipakai di EKG namun dibentuk seperti termometer, tabung kecil dan panjang. Nah “Katoda” ini kemudian diberi penghubung jadi mirip seperti headset pada perangkat handphone pada umumnya.

Secara sederhana cara kerjanya adalah “Katoda” nya ditempelkan pada aksila ( ketiak ) pasien, kemudian dihubungkan ke handphone Android. Didalam “Katoda” ini terdapat sensor yang bekerja berdasarkan suhu. Sinyal yang diperoleh dari sensor ini kemudian diolah didalam aplikasi Android lalu data yang telah diolah ini akan dikirimkan kepada dokter atau orang yang ingin mengetahui keadaan pasien misal Ibu melalui sms.

Demikian ide sederhana saya menggunakan aplikasi Android, semoga bermanfaat ^O^



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

andika

pada : 22 June 2012


"apakah tidak ada fitur yang lain pada aplikasi ini?"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :