GALUH AYU KUSUMA WARDHANI

Berpacu menjadi yang terbaik

Overview Sistem Cerdas

10 March 2013 - dalam Umum Oleh galuhayu-fst10

Akhirnya blog ini kembali berfungsi sebgaimana mestinya :D

(Sebagai media berbagi informasi mata kuliah di Teknobiomedik)

Kali ini berbeda dengan mata kuliah sebelumnya, kali ini mata kuliah Sistem Cerdas. Ya, mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan bidang minat Instrumentasi Medis di semester 6. (Enggak kerasa kuliah udah hampir 3 tahun)

Pertemuan pertama ‘warming up’ dengan tema Apa itu Sistem Cerdas? Dan segala hal yang berkaitan dengan Sistem Cerdas. Oke dimulai dengan bagaimana kita berimajinasi kalau ada program atau penemuan atau alat apapun itu yang bisa seperti manusia. Dalam artian bisa berfikir, bisa merespon akan suatu stimulus (misal diajak berbicara maka akan menjawab) seperti manusia. Awalnya saya bingung, karena saya tidak bisa membayangkan atau imajinasi saya tidak sampai pada hal-hal itu. Diberikan contoh oleh dosen saya, misal robot yang bisa beraktivitas layaknya seperti manusia. Mungkin seperti robot Asimo (ketika kuliah Robotika sedikit disinggung), tentunya hal ini akan membuat perubahan. Mungkin suatu saat nanti kita sebagai manusia akan berperang melawan mesin.

Mungkin ini ada sedikit informasi yang saya dapatkan ketika browsing tentang Sistem Cerdas bisa di cek di http://kidodi.wordpress.com/2012/02/19/pengertian-sistem-cerdas/ ada sejarahnya juga looo. Mungkin jika dapat disimpulkan ada tiga unsur yang mendasari Sistem Cerdas yakni Artificial Neural Network (bagaimana cara kerja otak manusia), Artificial Intelligence (bagaimana sebuah mesin dapat bekerja layaknya manusia), dan yang terakhir Fuzzy Logic (seperti perasaan pada manusia sehingga unsure perasa ini dapat digunakan pada mesin). Lalu ada metodologi yang juga digunakan yakni Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian) dan Algoritma Genetika/Evolutionary Computing (optimasi).

Sebenarnya saya belum terlalu paham akan system cerdas, so…di sini saya hanya berbagi sedikit dan jika ada kesalahan mohon diralat.

Ternyata Sistem Cerdas itu rumit (menurut saya), karena aka nada banyak ilmu pengetahuan untuk mengembangkan suatu system hingga mencapai taraf yang disebut Sistem Cerdas. Dan semua itu memerlukan proses yang tidak singkat J

Sumber :

http://kidodi.wordpress.com/2012/02/19/pengertian-sistem-cerdas/

http://erlindamettadewi-fst09.web.unair.ac.id/artikel_detail-43183-Sistem%20Cerdas-OVERVIEW%20tentang%20SISTEM%20CERDAS.html

http://tri-d-w-fst08.web.unair.ac.id/artikel_detail-43527-Sistem%20Cerdas-Overview%20Sistem%20Cerdas.html

http://qomarusy.syamsy.com/pengertian-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence.html

 



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :