GALUH AYU KUSUMA WARDHANI

Berpacu menjadi yang terbaik

Artificial Intelligence

07 April 2013 - dalam Umum Oleh galuhayu-fst10

Artificial Intelligence

Kali ini akan sharing tentang AI ( Artificial Intelligence ) yang merupakan kelanjutan dari JST. Artificial Intelligence atau yang disebut kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Kecerdasan buatan membuat system computer dapat berpikir seperti manusia dan dapat berpikir secara rasional. Tujuan dari sistem kecerdasan buatan dapat dibagi dalam 4 kategori :

  1. Sistem yang dapat berfikir seperti manusia (Bellman, 1978)
  2. Sistem yang dapat berfikir secara rasional ( Winston, 1992)
  3. Sistem yang dapat beraksi seperti manusia (Rich and Knight, 1991)
  4. Sistem yang dapat beraksi secara rasional (Nilsson, 1998)

Kecerdasan buatan (AI) diaplikasikan pada :

  1. System pakar ( Expert System ), program yang meniru memecahkan masalah yang rumit seperti para ahli. Komponen utama dalam system pakar adalah basic pengetahuan, mesin inferensi, antarmuka pengguna.
  2. Pemrosesan Bahasa Alami ( Natural Language Processing ), kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa mereka sendiri. Konsentrasi ilmu ini adalah interaksi antara komputer dengan bahasa natural yang digunakan manusia, yakni bagaimana komputer melakukan ekstraksi informasi dari input yang berupa natural language dan atau menghasilkan output yang juga berupa natural language, misalnya pada system Automated online assistant seperti gambar 1.3 dan deteksi email spam yang cerdas.
  3. System Sensor dan Robotika, mempelajari bagaimana merancang robot yang berguna bagi industry dan mampu membantu manusia, bahkan yang nantinya bisa menggantikan fungsi manusia.
  4. Game Playing, Game biasanya memiliki karakter yang dikontrol oleh user, dan karakter lawan yang dikontrol oleh game itu sendiri. Dimana kita harus merancang aturan-aturan yang nantinya akan dikerjakan oleh karakter lawan. Game akan menjadi menarik apabila karakter lawan (non-player) bereaksi dengan baik terhadap apa yang dilakukan oleh player. Tujuan intinya adalah membuat non-player memiliki strategi yang cerdas untuk mengalahkan player.
  5. Computer Vision, pembangunan arti/makna dari image ke obyek secara fisik. Yang dibutuhkan didalamnya adalah metode-metode untuk memperoleh, melakukan proses, menganalisa dan memahami image.
  6. Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.

Mungkin ini yang bisa sedikit di share pada minggu ini apabila ada kritik, saran atau pertanyaan silakan komen ya… J

Sumber :

http://socs.binus.ac.id/2012/06/06/mengenal-kecerdasan-buatan-kini-dan-akan-datang/

http://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/

 



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :